KRU ERICK DAN KUNTUL


JALAK SUREN KUNTUL

Dapatnya Penuh Perjuangan, Kini Terbaik di Blok Barat

 

 

Kelas Jalak Suren semakin ramai. Pamor dan prestise terangkat. Beberapa tampil stabil dan langganan juara, seperti Kuntul. Erick Inter berbagi tips.

Dulu, jalak suren hanya jadi burung master dan kurang dihargai. Sekarang, terutama di blok barat, ada kelas lombanya, makin ramai dan prestise.

Sejumlah burung yang tampil stabil dan kerap juara pun makin tersohor, seperti halnya Kuntul. Jago milik Erick Inter dari Bandung itu pekan lalu dua kali juara 1 di Mekarsari Cup 1 Bogor, 27 November.

  "Sebelumnya sudah sering juara di semua EO. BnR, Ronggolawe, Independen dan terakhir RI. 11 Desember turun lagi di Galamedia Cup."

 

ERICK (kanan) BERSAMA KUNTUL DAN TROPI JUARA

 

Darimana Erick dapat jagoan ini dan bagaimana perawatan dan setingan lomba? Berikut Erick membagikan untuk pembaca burungnews.com.

"Dulu dapatnya penuh kenangan dan perjuangan," ujarnya mulai mengisahkan.

Erick mengaku mendapat info ada burung jalak bagus di Padalarang, masih remaja baru lepas trotol. Dapat info, Erick pun menindaklanjuti memantau ke sana.

"Jam 10 malam, kita dapati burung kondisi mabung."

Burung akhirnya diambil. Setelah dirawat di Bandung 6 bulan, baru kelihatan bagusnya. Dicoba buat lomba sampai dua kali, tidak mau tampil juga, Erick tidak menyerah. Akhirnya ketemu juga stelannya, dan burung pun terus tampil sampai sekarang.

Perawatan dasar, untuk pakan harian utama Erick memilih voer Topsong. Rawatan harian tiap hari dimandikan jam 8 pagi, kasih jangkrik 2 ekor lalu jemur sampai jam 11. Pas istirahat dikasih buah pepaya. Sore jam 16 mandi lagi, setelahnya kembali dikasih 2 jangkrik.

Kalau mau lomba, kasih jangkrik sepuasnya. Anda punya jalak yang di rumah bagus tapi dibawa ke lapang ndak mau tarung? Cobalah resep Erick, siapa tahu jodoh juga.

Erick juga dikenal sebagai breeder yorkshire. Salah satu anakannya adalah Hero, sekarang milik H. Sadat B-16 Jakarta. 

 

AGENDA   & BROSUR LOMBA,  KLIK DI SINI

 

Komentar Untuk Berita Ini (0)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas