METODE DNA SEXING. HASILNYA LEBIH CEPAT DAN AKURAT

DNA SEXING: Mengetahui Kelamin Burung Cepat dan Akurat

Kamis, 04 Agustus 2016 - SAINS & LINGKUNGAN

 

 

 

Mendeteksi jenis kelamin burung seringkali menjadi hal yang sangat sulit, terutama untuk burung muda umur kurang 6 bulan. Demikian pula pada jenis burung tertentu yang hingga dewasa tidak menampakkan perbedaan fisik.

Beberapa jenis burung yang sering salah dalam mengidentifikasi jenis kelamin, seperti cucak rawa, love bird, kenari, blackthroat, edel sagner, bahkan perkutut pun banyak yang mengalami kesulitan.

Pada cucakrawa dan love bird misalnya, kesulitan membedakan bukan hanya karena kesamaan fisik, tapi juga baik jantan dan betina sama-sama mau bunyi. Love Bird betina bahkan dianggap lebih fighter, sehingga kebanyakan love bird yang buat lomba suara, berkelamin betina.

Jenis kelamin kenari seringkali dipermasalahkan, terutama pada varian bongsor Yorkshire. Kebanyak orang berburu yang jantan sebagai basic blood dengan harga cukup mahal. Saat sudah lama dipelihara masih juga membisu, lalu timbul curiga jangan-jangan betina, sementara ketika dikonfirmasikan ke si penjual, memastikan itu jantan.

Kenari yang tidak mau bunyi, memang belum otomatis itu betina. Kalau sudah mau bertelur meskipun tidak isi, barulah itu resmi disebut sebagai betina.

Pada masa booming love bird warna beberapa tahun lalu misalnya, banyak orang membeli love bird paket pasangan sudah jodoh. Lalu bertelur dalam jumlah banyak, misalnya sampai 6 hingga 9 ekor. Kemudian tidak mau menetas.

Ditunggu sampai teluran berikutnya, begitu lagi. Sampai akhirnya ada “pakar” love bird yang menyebutkan keduanya betina semua. Cerita serupa juga sering terdengar dari para breeder jenis burung lainnya, seperti cucakrawa, yang membeli paket sudah jodoh atau bahkan bedol kandang.

Sekarang juga terjadi beberapa peternak perkutut kesulitan menentukan jantan betina turunan import sehingga mereka meminta DNA sexing.

 

500 JENIS BURUNG SUDAH BISA DIKETAHUI JENIS KELAMINNYA DENGAN UJI DNA

 

Hal-hal seperti di atas, salah atau kesulitan mengidentifikasi jenis kelamin, sangat merugikan. Konsumen tentu lebih rugi, kalau pun ada garansi penggantian, tapi sudah kehilangan waktu begitu lama tanpa hasil.

Penjual pun sesungguhnya dirugikan, paling tidak dalam hal nama baik. Sebagian konsumen mungkin akan kehilangan kepercayaan, dan akan ngomong juga ke teman-temannya untuk tidak membeli burung pada orang terentu karena pengalamannya salah mendapatkan jenis kelamin yang ia inginkan.

Namun, hal itu sekarang sudah bukan hal yang perlu diperdebatkan lagi. Sudah ada metode ilmiah yang secara cepat dan akurasi sampai 99 persen alias mendekati 100 persen.

Caranya sungguh mudah, Anda tinggal mengirim contoh bulu dari burung yang akan diuji, untuk kemudian diambil sampel DNA. Pengampilan sampel DNA bisa saja dengan cara lain, misalnya darah, tapi yang diangga paling praktis adalah dari bulu.

Ya, metode penentuan jenis kelamin yang dimaksud adalah menggunakan metode DNA. Cara yang paling modern, ilmiah, dan tingkat akurasi sangat tinggi.

Metode ini sesungguhnya sudah lama disebutkan-sebutkan. Tapi ya itu, masih baru sekadar wacana. Secara teknis sampai beberapa tahun belum terbayangkan memeriksakan jenis kelamin dengan uji DNA.

Itu cerita dulu. Sekarang, Anda bisa mengetahui jenis kelamin burung secara dini, dan tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri membawa si burung.

Ya, sekarang pemeriksaan jenis kelamin dengan DNA Sexing sudah bisa lakukan dari Indonesia. Cepat, mudah, dan akurat. Biaya pun relatif terjangkau bila melihat manfaat dan nilai ekonomi setelah mengetahui kepastian jenis kelamin secara dini.

Dengan mengetahui jenis kelamin secara pasti sejak dini, Anda sudah bisa memberlakukan si burung dengan tepat sejak awal, tidak buang-buang waktu karena salah deteksi.

Bagi breeder, burung sudah bisa dijodohkan sejak kecil, tanpa kuatir salah menentukan jenis kelamin. Seperti pada cerita di bagian awal tulisan ini, seringkali burung yang sudah lama dijodohkan, ternyata sama-sama betina atau bisa juga sama-sama jantan. Selain rugi waktu, juga berbahaya karena bisa saling bunuh.

Juga dalam menjual burung, Anda tak perlu kawatir salah dan berpotensi menghilangkan kepercayaan konsumen, bahkan bisa kena tuduhan menipu. Dengan sertifikat jenis kelamin DNA Sexing, lebih pasti dan terpercaya.

 

DNA SEXING DI INDONESIA

Kimmig House Surabaya telah ditunjuk sebagai Nasional Distributor DNA Sexing untuk wilayah Indonesia yang bekerja sama dengan LABORATORIUM INTERNASIONAL di Spanyol, Eropa.

“Partner saya adalah sebuah perusahaan Internasional  yang bergerak dalam bidang berbagai macam Bio-teknologi, salah satunya adalah sebuah Laboratorium ter-regristrasi di Spanyol yang terdiri dari para dokter dan analisa yang berpendidikan khusus untuk melakukan & menganalisa sample-sample burung Anda secara genetik DNA,” jelas Kimmig.

Uji laboratorium sendiri belum dilakukan di Indonesia, namun pengambilan sampelnya sudah bisa dilakukan di Indonesia. Artinya, pemeriksaan terhadap burung sudah bisa dilakukan di negeri sendiri.

“Kami selalu mengedepankan kualitas ketepatan hasi l & kecepatan proses, dengan dibantu alat-alat yang canggih semua proses analisa DNA dapat dilakukan dengan cepat,” imbuh Kimmig.

 

KIMMIG DI KLI CUP SOLO

 

Teknisnya, Anda yang ingin menguji jenis kelamin burung Anda, cukup memberikan sample bulu ke pihak Kimmig di Surabaya. Dua pekan sekali, Kimmig akan mengirimkannya ke Eropa secara secara exclusive & express dengan selalu menggunakan jasa DHL Express.

Proses analisa DNA cepat dan mendapatkan hasil dengan ketepatan 99% hanya dalam waktu 5-7 hari kerja (dihitung dari tanggal pengiriman ke Eropa). Hasil identifikasi diberikan dalam sebuah Sertifikat DNA dari Laboratorium Eropa yang akan dikirimkan ke email Anda.

Di tempat kami sudah bisa mendeteksi sekitar 500 jenis burung dengan DNA Sexing. Apablia ada jenis burung yang belum ada dalam daftar seperti Jalak Suren, Anis Kembang, Anis Merah, dan jenis-jenis lain, Anda bisa menghubungi Kimmig agar jenis burung tersebut bisa didaftarkan dan dilakukan uji pendahuluan dengan analisa khusus.

Setelah bisa diketahui dan model analisanya, jenis burung tersebut pun akan dimasukkan dalam daftar. Hal seperti ini juga pernah terjadi pada jenis cucak rawa dan perkutut (impor) yang  sebelumnya belum masuk daftar, sekarang sudah bisa dilakukan analisa DNA dan sudah ada di daftar.

 

PROMO:

Gunakan web site www.dunia-burung.com untuk mendapatkan harga ekonomis dan juga Anda bebas 24 jam sewaktu-waktu untuk mendaftarkan burung kesayangan Anda.

  • Wajib mendaftarkan sample, mengirim konfirmasi pembayaran, komunikasi dengan menggunakan web site ini
  • Silakan pilih Menu "Pemesanan DNA", Masukkan Nama Anda, Masukkan Email Anda, Silakan pilih jenis burung yang mau Anda test kan, Masukkan Identitas Si Burung, Tambahkan keterangan jika diperlukan, SEND
  • Lakukan Pembayaran di Bank Anda sesuai jumlah burung yang terdaftar
  • Kemudian ke Menu "Konfirmasi Pembayaran", Masukkan Nama Pengirim, Masukkan Email (Wajib Email yang sama), Nama Bank Pengirim, Jumlah Transfer, Tambahkan keterangan jika diperlukan, SEND
  • Lakukan pengiriman sample DNA ke kami di Surabaya dan kami akan memproses lebih lanjut
  • Untuk Lovebird: harga 150.000 untuk DNA 2 ekor Lovebird (Bayar 1 dapat 2)
  • Untuk Non-Lovebird: harga 150.000/ekor

 

KONTAK:

Untuk informasi lebih lanjut bisa melihat di web site DNA yang pertama di Indonesia: www.dunia-burung.com

Kimmig: Hp/WhatsApp: 082132107744  & BBM: 2ABF5F13

 


Komentar Untuk Berita Ini (6)

  • Endang Setiawan Rabu, 28 Juni 2017

    Selamat sore om Kimmig Saya akan test DNA utk 3 ekor burung afgrey berapa biayanya, tks.

  • eddy Jumat, 23 Desember 2016

    jenis kelamin murai trotol bisa ya?

  • Zaini Rabu, 23 November 2016

    seneng pol, matab Om....berada ya biasanyau utk Burung lovebird. Tks Om dan caranya gimana

  • yudha januar Rabu, 16 November 2016

    Om saya punya cucak rowo mau test DNA untuk mengetahui jantan atau betina

  • Satya Rabu, 10 Agustus 2016

    Selamat dan Sukses om

  • Hadi Jumat, 05 Agustus 2016

    Asikkk nii bisa liat kelamin untuk kacer trotolan...kira2 biayanya brp ya?

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas
 

Agenda Lomba Burung

JAKARTA: NEW BRAVO ROAD TO BMW MASTER CUP 1

Sabtu, 29 Juli 2017 Jam 12:00
CARREFOUR PASAR MINGGU SAMALI JAKARTA
NEW BRAVO. Tiket 70K Hadiah 800K + 300K + 150K, Tiket 50K Hadiah 600K + 150K + 100K, Tiket 40K Hadiah 500K + 100K + 75K, Tiket 30K Hadiah 350K + 100K. LIHAT BROSUR....

KLATEN : PKM PLEMBON

Jumat, 28 Juli 2017 Jam 13:00
PASAR PLEMBON KLATEN
PKM. Tiket 60K Hadiah 800K, Tiket 50K Hadiah 700K, Tiket 40K Hadiah 400K, Tiket 20K Hadiah 300K. LIHAT BROSUR....

SUMENEP: VIVA MAHA DEWA

Minggu, 30 Juli 2017 Jam 09:00
GANTANGAN MAHA DEWA, Jl. KURMA III PANGARANGAN SUMENEP MADURA SUMENEP
DEWA99, Tiket 200K hadiah 2,5 juta, 150K hadiah 1,750 juta, Tiket 100K hadiah 1,250 juta, Tiket 80K hadiah 1,1 juta, Tiket 50K hadiah 600K.........

SOLO: KOBOI CUP IV SOLO

Minggu, 30 Juli 2017 Jam 10:00
HALAMAN DINAKESWAN BALAIKAMBANG SOLO
KBC. Tiket 150K Hadiah 3 Juta, Tiket 150K Hadiah 3 Juta (BURSA), Tiket 100K Hadiah 1,2 Juta, Tiket 70K Hadiah 800K, Tiket 50K Hadiah 600K. LIHAT BROSUR....

SOLO: PIALA DANLANUD ADI SOEMARMO

Minggu, 30 Juli 2017 Jam 10:00
SETUKPA LANUD ADI SOEMARMO (UTARA PINTU MASUK BANDARA ADI SOEMARMO) SOLO
RN. Tiket 500K Hadiah 10 Juta + 10 Juta, Tiket 350K Hadiah 5 Juta, Tiket 200K Hadiah 2,5 Juta, Tiket 150K Hadiah 2 Juta, Tiket 100K Hadiah 1,2 Juta, Tiket 50K Hadiah 600K. LIHAT BROSUR....

PURWOKERTO: SATRIA BHAYANGKARA CUP 1

Minggu, 30 Juli 2017 Jam 09:00
LAPANGAN PELOPOR SELATAN GOR SATRIA PURWOKERTO
BnR. Tiket 200K Hadiah 4 Juta + 3 Juta, Tiket 150K Hadiah 2 Juta, Tiket 100K Hadiah 1,3 Juta, Tiket 50K Hadiah 600K, Tiket 30K Hadiah 1 Juta. LIHAT BROSUR....

JAKARTA: LAUNCHING ORIQ JAYA - OWEN SF

Minggu, 30 Juli 2017 Jam 10:30
LAPANGAN LENGGANG KEMAYORAN (SAMPING BARAT PATUNG ONDEL-ONDEL) JAKARTA
JOI. Tiket 150K Hadiah 2,5 Juta + 500K, Tiket 100K Hadiah 1,3 Juta + 200K, Tiket 70K Hadiah 800K + 200K, Tiket 50K Hadiah 700K, Tiket 30K Hadiah 400K. LIHAT BROSUR....

SIDOARJO: PELET BIRU CUP II

Minggu, 06 Agustus 2017 Jam 09:00
GANTANGAN DEWA 99 MEDAENG - SIDOARJO SIDOARJO
DEWA99, Tiket 250K hadiah 4 juta, Tiket 200K hadiah 3 juta, Tiket 150K hadiah 2 juta, Tiket 100K hadiah 1,5 juta, Tiket 80K hadiah 1 juta, Tiket 50K hadiah 600K. BooM Doorprize 1 ekor Kambing.........

BOYOLALI : BOYOLALI CUP 3

Minggu, 06 Agustus 2017 Jam 10:00
ALUN ALUN KOMPLEKS TERPADU BOYOLALI
P2-3B. Tiket 200K Hadiah 3 Juta, Tiket 150K Hadiah 1,5 Juta, Tiket 100K Hadiah 1 Juta, Tiket 70K Hadiah 700K, Juara SF 500K Juara BC 1 Juta. LIHAT BROSUR....

SEMARANG: 3 STAR

Minggu, 06 Agustus 2017 Jam 08:00
LAPANGAN ZIDAM, UNGARAN SEMARANG
PBI. Tiket 500K Hadiah 5 Juta + 2 Juta, Tiket 300K Hadiah 3 Juta + 1 Juta, Tiket 200K Hadiah 2 Juta + 500K, Tiket 150K Hadiah 1,5 Juta, Tiket 100K Hadiah 1 Juta, Tiket 50K Hadiah 500K. Juara 1, 2, 3 + @ 2 juta, syarat berlaku. LIHAT BROSUR....

GRESIK: GAGAK SAKTI CUP I

Minggu, 13 Agustus 2017 Jam 09:00
GANTANGAN GAGAK SAKTI TEAM, Desa Dahan Rejo Gresik GRESIK
PBI, Tiket 150K hadiah 2 juta, Tiket 100K hadiah 1,250 juta, Tiket 80K hadiah 950K, Tiket 60K hadiah 700K, Tiket 50K hadiah 600K. Tiket gesek dan Boom Doorprize.........

PURWOKERTO : PIALA KICAUMANIA

Minggu, 13 Agustus 2017 Jam 10:00
JL. HR BOENYAMIN, DEPAN KAMPUS UNSOED PURWOKERTO
ABC. Tiket 500K Hadiah Motor, Tiket 200K Hadiah 2,5 Juta, Tiket 100K Hadiah 1,25 Juta, Tiket 50K Hadiah 500K, Tiket 30K Hadiah 300K, Juara SF 250K Juara BC 500K. LIHAT BROSUR....

BANYUMAS: GEBYAR KEMERDEKAAN

Minggu, 13 Agustus 2017 Jam 10:00
HALAMAN PENDOPO SI PANJI BANYUMAS
BBC. Tiket 100K Hadiah 1,2 Juta + 500K + 500K, Tiket 80K Hadiah 1 Juta + 250K + 250K, Tiket 50K Hadiah 600K + 150K + 150K, Tiket 30K Hadiah 350K + 100K + 100K. LIHAT BROSUR....

DEPOK : OLIMPIADE BERKICAU HUT KEMERDEKAAN RI KE-72

Kamis, 17 Agustus 2017 Jam 10:00
KOMPLEK YONHUB TNI AD, JATIJAJAR SIMPANG DEPOK, JL RAYA KM 35,5 DEPOK
SILOBUR. Tiket 72K Hadiah 1 Juta, Tiket 17K Hadiah 200K, Tiket 8K Hadiah 100K, Tiket 19K Hadiah 250K, Tiket 45K Hadiah 500K. LIHAT BROSUR....

JAKARTA: BMW MASTER CUP 1

Minggu, 27 Agustus 2017 Jam 09:00
TAMAN IMPIAN JAYA ANCOL JAKARTA
BMW MASTER. Tiket 310K Hadiah 5 Juta + 1 Juta, Tiket 210K Hadiah 3 Juta, Tiket 160K Hadiah 2 Juta, Tiket 110K Hadiah 1,3 Juta, Tiket 60K Hadiah 700K. LIHAT BROSUR....

KUDUS: ROAD TO FESTIVAL RAJA KENARI PANTURA

Minggu, 27 Agustus 2017 Jam 09:00
GEDUNG SENI BUDAYA KECAMATAN BAE KUDUS
PAPBURI. Tiket 60K Hadiah 600K + 200K, Tiket 40K Hadiah 400K + 100K, Tiket 10K Hadiah 150K. LIHAT BROSUR....

POSMA SEMBEGO YOGYAKARTA: Wirageni dan Fortun...

Kontes bulanan Posma Sembego pada hari Selasa, 25 Juli 2017 di Manguwoharjo, Sleman, Yogyakarta berjalan lancar dan sukses. Tidak hanya dihadiri pemain dari Kota Jogja saja, beberapa pemain dari Klaten juga tampak hadir.

DATA JUARA POSMA SEMBEGO YOGYAKARTA, SELASA 2...

Murai batu Demit Pasir dan kacer Wirageni tampil sangar di Posma Sembego Yogyakarta, Selasa 25 Juli 2017. Demit Pasir milik Halley WS juara 1 di kelas Murai Batu. Ada pun Wirageni milik Pak Gino Jogja meraih gelar juara 1 dan 2 di kelas kacer.

LIGA VIP KEBOKICAK BC JOMBANG: 30 Juli Gelar ...

Minggu 30 Juli, Kebokicak BC yang bermarkas di SDN Kwaron II, Diwek, Jombang bakal menggelar Latpres rutin akhir bulan. Seperti biasanya, kelas Utama Latpres ini dibukan dengan banderol Rp 60 ribu hadiah Rp 800 ribu.

KONTES PLOSO BC JOMBANG: 201 Mendominasi Kela...

Pertarungan di kelas kacer dan cucak hijau berlangsung sengit di Latpres Terminal Ploso BC pada Minggu, 23 Juli. Tak hanya diikuti gaco debutan, laga kali ini juga diluruk gaco hebat dari berbagai pelosok Jombang dan kota sekitarnya.

HENGKY NIAS BOGOR: Hari Ini Kiranty Uji Nyali...

Serunya pertarungan di gantangan Bojongkoneng Banjarnegara, sampai juga ke telinga Hengky Nias, love bird mania asal Bogor yang lagi naik daun. Setelah sukses di Pekalongan, Jogja, dan Purworejo, Kiranty siap menantang jago handal dari Banjarnegara.

LAUNCHING BANGSRI BC JOMBANG: Kaligunting BC ...

Launching gantangan Bangsri BC di desa Bangsri, Plandaan, Jombang pada Minggu, 22 Juli berlangsung meriah. Sengitnya perebutan Juara Umum BC maupun SF menunjukkan ketatnya pertarungan gaco-gaco yang diturunkan.

KONTES GARDA BC JOMBANG: Pemanasan Menuju Mas...

Gaco debutan, murai batu Zamora milik Sulton dari Jombang mampu bersaing dengan gaco-gaco dahsyat di Latber Garda BC yang digelar di Nglele, Jombang pada Sabtu, 22 Juli.

JKBC KLATEN : Abimanyu Double Winner, Mistery...

Love bird Abimanyu meraih dua kali kemenangan alias double winner di kontes prestasi Jimbung Klaten BC (JKBC). Di kelas lain, kenari Mistery dan PAUD Larang Jr tampil gemilang dan naik tahta juara.

DATA JUARA JKBC KLATEN, 25 JULI 2017...

Love bird Abimanyu meraih dua kali kemenangan alias double winner di kontes prestasi Jimbung Klaten BC (JKBC). Di kelas lain, kenari Mistery dan PAUD Larang Jr tampil gemilang dan naik tahta juara.

P-MAN BF SURABAYA: Sering Juara Kelas Paud, H...

Berbekal sejoli indukan warisan orang tua, Bima Sakti Romadhoni akhirnya menerjuni breeding lovebird. Dengan indukan yang terus beranak-pinak, kini Bima mampu memproduksi 20-25 anakan per bulan. Hasilnya lumayan, bisa buat biaya kuliah.

SPLN CUP 1 KEBUMEN #4 : Kusumo Tetap Memukau,...

Bejo BF Banjarnegara dan 5758 Team Yogyakarta akhirnya menuntaskan lomba SPLN Cup 1 Kebumen, Minggu 23 Juli 2017 dengan meraih gelar tertinggi sebagai juara umum single fighter dan bird club.

LAUNCHING KMS ENTERPRISE SRAGEN: Kopi Rondho ...

Gelaran launching KMS Enterprise pada hari Minggu, 23 Juli 2017 di Sidodadi, Sragen berjalan lancar dan sukses yang diakhiri dengan kemenangan oleh Kopi Rondho SF dan Putra Bengawan Team sebagai juara umum.

GORENGAN SF TEMANGGUNG: Gara-Gara Kelaparan ...

Pernah kelaparan dan kehausan saat lomba burung dan bingung mencari penjualnya? Itulah yang dirasakan oleh empat kicaumania muda dari Temanggung Philip, Angga Manuk, Yudha, dan Agus Kroto. Dari situlah muncul ide berjualan makanan dan minuman.

KKS CUP 2 SURABAYA: LB Sakmasek Tak Terkalahk...

Setelah tampil apik di even Malang Tempoe Doloe Minggu kemarin (16/07), Sakmasek kembali menunjukkan eksistensinya sebagai burung berkualifikasi istimewa di gelaran KKS Cup 2, Minggu (23/07).

JANGKAR SF MINGGU SURABAYA: Pesona Sabet Kela...

Penampilan Love bird Pesona memang mempesona di kelas pembuka gelaran rutin Jangkar SF Minggu, 23 Juli di gantangan Bogowonto Surabaya. Sementara Pessek mampu membawa pulang 4 penghargaan kelas love bird.

JOKO SUTET CUP LAMPUNG #3: MB Bento, Kenzo, &...

Sejumlah jago tampil meyakinkan di even Joko Sutet Cup, Minggu 23 Juli. Murai batu Don Juan, Bento, dan Kenzo berbagi juara. Kacer Hanoman memborong dua juara, sementara tamu dari Bandung love bird Gehger mencuri perhatian.

BnR KOBLEN SURABAYA: Bintang Dewi gaet BOB, B...

Sebutan panjang sering terdengar pada gelaran rutin BnR Koblen, pada Minggu lalu (23/07). Ini menunjukkan persaingan di kelas love bird sangat menarik dan seru. Tidak ada juara ganda dan akhirnya Dewi Bintang berhasil menjadi juara BOB.

DATA JUARA KKS CUP II SURABAYA, 23 JULI 2017...

Sakmasek, Gaco Mr Gojir kembali merajalela pada kontes KKS CUP I Minggu, 23 Juli di Gantangan 911 feat SCBC THR Surabaya. Sakmasek mampu enam kali menjadi juara I dan tampil sebagai runner-up BOB Love Bird.

INDO JAYA CUP LAP. BANTENG #2: Diserbu 1.700 ...

Sedikitnya 1.700 peserta membanjiri Lapangan Banteng pada gelaran Festival Indo Jaya Cup 1, Minggu 23 Juli. Pada even yang menggelar 36 sesi itu, ada 4 jagoan nyeri dan satu jago meraih hatrik.

DATA JUARA INDO JAYA CUP I MINGGU 23 JULI 201...

Satu jago berhasil hatrik, dan empat lainnya meraih hasil nyeri. Semuanya terjadi saat gelaran Festival Indo Jaya Cup 1, Minggu 23 Juli kemarin. Tidak kurang dari 1.700 peserta memadati Lapangan Banteng, Jakarta.

TREN LOVEBIRD WARNA EKSOTIK: Yuk Berburu Love Bir...

Di kalangan pecinta love bird warna eksotik, Euwing saat ini menjadi trend yang sedang dicari-cari. Euwing adalah mutasi warna yang dari dulu sudah ada, dengan ciri adanya pemudaran warna di ujung sayap.

SECUIL PERAWATAN LB KUSUMO YANG BIKIN MAKIN TANGGU...

Banyak sekali pertanyaan tentang perawatan love bird khusunya Kusumo kepada H. Sigit WMP. Ini adalah secuil perawatan harian yang penting, dan perlu diketahui. Ada videonya.

PEPI GREEN TEAM : Berkat Tangan Dinginnya, Marco N...

Wajah Noegroho “pepi” Andretta terlihat sumringah saat mengetahui aksi konslet love bird Marco berhasil terekam oleh kru burungnews. Ngekek panjang dengan durasi 5 menit 25 detik tanpa putus masih menjadi catatan terbaik Marco yang berhasil diabadikan

KLARIFIKASI TOPSONG TERKAIT PAKAN YANG BEDA WARNA...

Beberapa hari lalu ramai diskusi di media sosial tentang pakan Topsong yang disebutkan warnanya berubah lebih cerah, lebih wangi, dan burung menjadi kurang suka. Ada yang ragukan keasliannya. TOPSONG memastikan produk asli dan aman. Berikut penjelasannya.

KAJATI JATENG CUP: LB Arnold Kuatrik, XXX AJT &...

Kawasan hutan wisata Tinjomoyo Semarang dipenuhi kicaumania. Even Kajati Jateng Cup yang digelar oleh BnR Semarang, memang memilih lokasi di sini. Love bird Arnold menjadi bintang lapangan setelah juara 1 sebanyak 4 kali.

FAIZ SALATIGA: Sukses Kawal LB Landung & Kenar...

Faiz dari Salatiga mengaku masih bersyukur, jago yang dibawanya ke Kajati Jateng Cup masih bisa nyantol juara, kendati lawannya tangguh-tangguh. Love bird Landung merebut juara 1, dan kenari Radler runner up.

Ini Rahasia Love Bird Candy Selalu Tampil Maksi: D...

Nama Love Bird Candy langsung menasional pasca tampil mengesankan di Soeharto Cup, dilanjutkan quatrik di Bandung. Siap menggoyang Kapolres Cup Tangerang Selatan hari ini 10 April

PIALA RAJA 2016: Murai Batu Ohara & Rancak Ban...

Dua jago murai batu yang diunggulkan di Piala Raja, akhirnya benar-benar meraih hasil terbaik. Ohara yang di burungnews.com diprediksi menang, benar-benar juara 1 kelas Maharaja. Demikian pula dengan Rancak Bana, meraih 3 kali juara 1.

Penyedia & Breeder Murai Batu Bahorok...

Murai Batu Bahorok, atau lebih dikenal sebagai Murai Batu Medan, memiliki sejumlah keunggulan sehingga banyak dicari dan harga jualnya lebih tinggi. Populasi di alam semakin menyusut.

LB BEAUTY: Pale Fallow Primadona Masa depan...

Tahukah Anda, love bird Parblue Pale Fallow yang pertama lahir di Indonesia adalah dari kandang Kibar Exotic Bird Surabaya. Setelah berusia 3 bulan, burungnya langsung dibawa pulang oleh Sucipta ke Madura, maharnya 65 juta.

Mereka Siap Bertaruh Nyawa Demi Menjaga Burung di ...

Keberadaan burung di alam bebas memang semakin langka. Selain karena perubahan peruntukkan, juga karena diburu dan ditangkap. Untung sebagian sadar menjaga keberadaannya

MAHMUD MAGELANG: Bocah SMA Ini Bayar Sekolah dari ...

Sore itu wajah Mahmud tampak sumringah. Pelajar kelas dua SMU Sholihin, Bandongan, Magelang itu tampak girang. Jagoan lovebird yang digantangnya, meraih juara 3 di kontes rutin BnR Markas Magelang, Selasa 6 Juni.

DISKUSI PAKEM MURAI BATU: Pilih Kualitas Biasa Tap...

Peserta lomba murai batu sering dibuat bingung dengan pakem penilaian. Burung berkualitas dan kerja bagus, tidak juara, karena ngeruji atau nakal. Burung biasa tapi kerja lebih anteng dan duduk, malah bisa juara. Mana yang lebih afdol?

PIALA CANTING 2 PEKALONGAN: Bingung Ada Love Bird ...

Piala Canting sudah berakhir. Tapi, cerita hangat tentangnya masih terus bergulir. Yang paling ramai adalah soal love bird Condet. Tak kalah menyedot perhatian adalah diskusi soal penilaian dan poin love bird, karena ada yang dapat poin 8 ribu up.

PIALA BEKASI RAYA (#1): Kusumo Kembali Juara Lima ...

Kusumo benar-benar belum ada duanya. Meski di blok barat mulai muncul sejumlah lawan mumpuni, namun penampilan Kusumo masih tetap ngotot dan stabil. Terbukti turun 7 kali, masih bisa juara 1 sebanyak 5 kali, juara 2, dan juara 4.

KUMPULKAN JAGO TERBAIK, Sien Ronny Take Over Kenar...

Masih ingat dengan kenari Pusaka Raja ? Ya, itulah jago milik Vincent Bali yang menghebohkan Piala Raja. Lagunya mewah, perfomanya juga oke sekali. Juara 1 sampai 4 kali, bahkan nyaris 5 kali.

LOVE BIRD CONDET: Pertama Turun di Even Besar, Lan...

Sejumlah love bird kesohor turun di even Piala Canting II, Minggu 16 Juli di Pekalongan. Namun, bintangnya justru jagoan yang awalnya sama sekali belum dikenal. Condet namanya, melesat setelah 6 kali merebut juara 1.

Ini Dia Love Bird Blorok Tercantik di Indonesia Ve...

KLI Cup 4 Solo pada 8 Mei 2016 yang lalu, menjadi salah satu ajang terbesar Beauty Contest beskala nasional. Peserta adalah love bird-love bird terbaik dari berbagai daerah. Juara di sini, berarti juga juara Indonesia.

YOGA TULUNGAGUNG DI PIALA RAJA: Bangganya Meraih R...

Bagi Yoga Tulungagung, bisa membawa pulang juara 2, 3, 4, dan seterusnya di even akbar Piala Raja sudah cukup membanggakan. Yoga datang sendiri, mengandalkan semata-mata pada kinerja burung-burungnya sendiri, dan memakai atas namanya sendiri.

Mr. DARSONO & HERI PURNOMO BANJARNEGARA #1: Mu...

Dalam beberapa hari ini, semua kicaumania khususnya love bird mania dibuat terpana dan penasaran dengan love bird Condet. Pendatang baru yang seperti tiba-tiba menjadi bintang, menenggelamkan para seniornya.

DNA SEXING: Mengetahui Kelamin Burung Cepat dan Ak...

Mendeteksi jenis kelamin burung, khususnya yang kurang dari 6 bulan, tidak mudah. Ada yang sampai dewasa tetap sulit dibedakan. Dengan uji DNA memakai sampel bulu, bisa diketahui dengan cepat dan akurat. Anda pun sekarang bisa melakukannya.

KLARIFIKASI TOPSONG TERKAIT PAKAN YANG BEDA WARNA...

Beberapa hari lalu ramai diskusi di media sosial tentang pakan Topsong yang disebutkan warnanya berubah lebih cerah, lebih wangi, dan burung menjadi kurang suka. Ada yang ragukan keasliannya. TOPSONG memastikan produk asli dan aman. Berikut penjelasannya.

INDOJAYA CUP LAP. BANTENG #1: Peserta Membludak, L...

Festival lomba burung berkicau Indojaya Cup Nusantara di lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Minggu 23 Juli berlangsung meriah. Selain dihadiri kontestan dari Jabodetabek, kicaumania dari daerah juga turut memeriahkan.

SECUIL PERAWATAN LB KUSUMO YANG BIKIN MAKIN TANGGU...

Banyak sekali pertanyaan tentang perawatan love bird khusunya Kusumo kepada H. Sigit WMP. Ini adalah secuil perawatan harian yang penting, dan perlu diketahui. Ada videonya.

Penyedia & Breeder Murai Batu Bahorok...

Murai Batu Bahorok, atau lebih dikenal sebagai Murai Batu Medan, memiliki sejumlah keunggulan sehingga banyak dicari dan harga jualnya lebih tinggi. Populasi di alam semakin menyusut.

DATA JUARA PURWODADI AWARDS, MINGGU 23 JULI 2017...

Kicaumania dari berbagai kota menghadiri gelaran Purwodadi Award yang diikuti 1.385 peserta. Halley Jogja keluar sebagai juara umum Single Fighter, sementara Juara BC direbut Duta 8055 Cup Semarang.

Ini Beda Cara Tangani Murai Batu Jinak dan Galak (...

Semua jenis burung termasuk murai batu, punya bawaan sifat galak atau jinak. Keduanya perlu perlakuan yang berbeda agar bisa tampil dan meraih juara. Berikut cara penanganan yang benar.

LOVE BIRD MANIA GRESIK DI PIALA RAJA: Borong Juara...

Meski sudah selesai digelar, tapi bicara Piala Raja belum ada habisnya. Misalnya kiprah love bird mania dari Gresik yang sapu bersih juara 1-10 Pariwisata G. Bisa jadi, ini sesi paling fairplay. Kok bisa ya?

KUCIRAN CUP TANGERANG: MURAI SAWUNGGALING SIAP TAR...

Kuciran Cup Tangerang 28 Februari Bakal dibanjiri jago tangguh Sejabodetabek. Salah satunya adalah Murai Sawunggaling milik H. Udin Bekasi. Jangan lewatkan pertarungan seru garapan Yamin Salim ini.

TREN LOVEBIRD WARNA EKSOTIK: Yuk Berburu Love Bir...

Di kalangan pecinta love bird warna eksotik, Euwing saat ini menjadi trend yang sedang dicari-cari. Euwing adalah mutasi warna yang dari dulu sudah ada, dengan ciri adanya pemudaran warna di ujung sayap.

RUDY NRS: Ingin Meriahkan Kenari Berlagu Merdu, Be...

Papburi Solo adalah salah satu EO yang selalu konsisten melombakan kenari yang mengutamakan kemerduan lagu. Komitmen Papburi memang pro peternak, pro pemaster, dan pro pelomba. Rudy NRS pun tertarik bergabung.

TERBAIK SEINDONESIA, MERPATI POS MILIK SONKI PECAH...

Menyisihkan 718 pesaing dari seluruh Indonesia, Merpati Pos dengan ID 15-42538 milik Anom/Sonki Cage dari Yogyakarta juga memecahkan rekor Lelang dengan harga tertinggi.

PIALA BEKASI RAYA (#1): Kusumo Kembali Juara Lima ...

Kusumo benar-benar belum ada duanya. Meski di blok barat mulai muncul sejumlah lawan mumpuni, namun penampilan Kusumo masih tetap ngotot dan stabil. Terbukti turun 7 kali, masih bisa juara 1 sebanyak 5 kali, juara 2, dan juara 4.

MB JOLENO 99: Breeding dari Klaten, Disegani di P...

Joleno 99, salah satu murai andalan Mr. Imbar Brebes, kini disegani di Pantura tengah ke Barat, di mana Mr. Imbar biasa menurunkannya. Begitu diturunkan, Joleno 99 langsung meraih juara 1 di latpres Jati Agung BC.

GANTANGAN SLEMBI BERKICAU BOYOLALI: Grand Opening ...

Gantangan baru segera dilaunching di Boyolali pada 1 Januari 2017, namanya Gantangan Slembi Berkicau. Lokasinya di Slembi, Jurug, Mojosongo, Boyolali (Belakang Asrama Yonif 408). Yuk berbondong-bondong sambil rayakan tahun baru.

GUS HUSEIN MAGETAN: Malam Isi Pengajian, Siang Gan...

Ada pendapat lomba burung berkicau itu berbau judi sehingga dilarang oleh agama (Islam). Gus Husain dari Magetan yang hampir tiap malam ngaji, membantah hal itu. Kyai yang satu ini tak hanya ikut lomba, tapi juga punya breeding.

Mereka Siap Bertaruh Nyawa Demi Menjaga Burung di ...

Keberadaan burung di alam bebas memang semakin langka. Selain karena perubahan peruntukkan, juga karena diburu dan ditangkap. Untung sebagian sadar menjaga keberadaannya

KLINIK JADI JUARA DARI H. SIGIT WMP: Sehari Diajar...

Nama H. Sigit WMP memang tak bisa lepas dari nama love bird Kusumo yang melegenda. Banyak orang yang kemudian mencoba berguru padanya. H. Sigit pun tak pelit membagikan pengalaman.

TRIDO K GENIC SF TASIK: Ys Singalaga Juara Lintas ...

Bila Anda adalah penggemar kenari khususnya jenis postur bongsor di Priangan Timur, tentu mengenal nama yang satu ini. Trido Kurniawan, penggemar berat kenari bongsor termasuk galur murni yorkshire yang mengibarkan bendera Genic SF.

Kenari Bagus Sekali, Kok Tidak Juara. Kurangnya d...

BnR merilis pakem penilaian kenari: nabrak / turun tebok, tidak bisa diajukan jadi juara. Pakem yang jelas dan terukur. Terlalu keras? Ini penjelasannya.