DAMAR & DEWA SERAYU


DAMAR JOGJA

Rahasia Come Back-nya Kacer Dewa Serayu

 

Dewa Serayu adalah salah satu kacer terbaik di tanah air. Juara di berbagai even akbar dan prestisius, sudah tak terhitung. Setelah lama tak nongol, seperti tiba-tiba, meraih hatrik di Festival Jawara Kicau Klaten. Damar berbagi resepnya.

Tiga poin dari Dewa Serayu, yang di even ini diberikan untuk B13 Team, sangatlah penting. Dan ini juga prestasi yang sangat membanggakan bagi Damar, yang dipercaya merawat Dewa Serayu. Demar memang bisa dikatakan spesialis urusan merawat dan menyetel kacer, termasuk Dewa Serayu.

Dewa Serayu baru saja rampung mabung. Mabung yang cukup lama, memang. Namun kali ini perfomanya benar-benar kembali, bahkan bisa dikatakan tampil lebih baik dari sebelumnya. Tampil perdana sudah langsung nyeri di Walikota Cup Jogja. Terakhir, juara 1 sampai   tiga kali di even seakbar Festival Jawara Kicau, adalah bukti yang sangat nyata.

“Memang di Klaten kelas kacer tidak meledak dalam hal jumlah peserta. Namun dalam hal kualitas peserta, sangat seru dan ketat persaingannya. Burung-burung terbaik dari Sumatera dan Jawa Timur, juga turun bersaing di sini. Maka juara 1 sampai tiga kali, hal yang sangat membanggakan bagi kami,” terang Damar.

 

 

Lalu, bagaimana Damar merawat Dewa Serayu hingga setelah come back langsung mau menggebrak? Berikut penjelasan dari Damar.

Perawatannya sebenarnya tidak beda jauh dengan yang lain. Menu utama harian dengan voer Topsong, lalu EF-nya dengan jangkrik 10 pagi, dan 10 ekor sore.

Mandinya cukup dua hari sekali, jadi bisa disebut ringan. Jemur pagi hanya sampai jam 08.30. Tapi, sore hari masih ada tambahan jemur, mulai 15.30 – 17.00, dengan cara dikerek kayak burung perkutut atau derkuku.

Kalau mau lomba, sehari sebelumnya dikasih jangkrik dikasih 3 kali, pagi 10 ekor, siang 10 ekor, dan sore 10 ekor. Terus malam sebelum lomba dimandikan. Pagi sebelum berangkat, dikasih 5 jangkrik dan ular hongkong  ekor, tambahkan kroto satu sendok makan. Setiap kali mau main, ditambahkan dua ekor jangkrik.

Di lapang juga mandi keramba. Salah satu tanda dia mau tampil, kalau mau bunyi saat di keramba. Setelan di lapangnya, mesti dijauhkan dari gantangan dan sesama kacer lain. Ulat bumbung, salah satu menu special yang diyakini Damar bikin Dewa Serayu stabil. Bila kondisi dirasa kurang greget, misal sudah di keramba kok belum mau bunyi juga, Damar bisa menambahkan asupan Moncer1, dengan cara dicampurkan minuman, atau paling praktis disuntikkan ke jangkrik. [MENGANDUNG SPONSOR]

 

AGENDA & BROSUR LOMBA,  KLIK DI SINI

 

 

[Anda bisa berpartisipasi mengisi dan memperkaya konten burungnews.com, bisa hasil lomba, tips, profil, breeding, dan lainnya terkait hobi burung berkicau. Silakan dikirim melalui email burungnews@gmail.com  dan/atau redaksi@burungnews.com. Cantumkan nomor telepon Anda / nara sumber]

Komentar Untuk Berita Ini (0)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas