INDUK PLECI SEDANG MELOLOH ANAKANNYA


BREEDING PLECI SOLIKIN KLATEN

Anakannya Tersebar Setanah Air, Ini Loh Tips dan Kiatnya

 

Salah satu breeder pleci yang sudah menunjukkan hasil adalah Solikin dari Klaten. Anakannya sudah tersebar ke seantero tanah air. Sayang belum pakai ring.

Fokus membreeding, mamb uat Solikin kini ia jarang melombakan jagoannya. Tapi tetap sering datang ke even untuk silaturahmi dengan sesama plecimania.

Solikin cukup dikenal di kalangan pleman Klaten. Ia biasa dipanggil Ayah Ikin. Tinggal di Basin, utara pabrik gula Gondang, Solikin dikenal sebagai breeder pleci yang berhasil. Anakan pleci dari kandangnya, sudah tersebar ke seantero Indonesia.

“Kalau pleman-pleman sini biasanya langsung datang kerumah, kalau cocok langsung diangkut,” ungkapnya.

 

BREEDING PLECI DENGAN SANGKAR GANTUNG

 

Namun, tak jarang pria satu anak ini mendapatkan pembeli dari media sosial facebook. Banyak pula pleman luar kota memesan anakan pleci darinya, karena masih minimnya breeder pleci yang berhasil. “Biasanya inbox, nanya-nanya atau mesan anakan.”

Demam pleci, diakui atau tidak membuat perburuan pleci di alam bebas semakin menjadi-jadi. Sekarang keberadaannya di habitat alam mulai langka, semakin sulit dicari. Hal inilah yang membuat Solikin tertantang untuk mengembangbiakkan pleci melalui jalur breeding. Ia juga mendorong pleman-pleman lain untuk mengikuti jejaknya dengan membuat youtube channel.

Breeding pleci tak bisa instan sebagaimana breeding burung-burung lainnya. “Kunci utama keberhasilannya adalah pemberian makanan yang tepat pada burung mulai dari penjodohan, pengeraman, penetasan, pelolohan hingga perawatan anakan pleci,” ungkap pria yang menekuni breeding sejak 2011 ini.

Kesabaran dan keuletan pria yang aktif di KaPeKa ini membuahkan hasil. Beberapa hari yang lalu saat awak burungnews menyambangi kediamannya, dua ekor anakan pleci mata putih baru saja menetas.

“Banyak yang sudah mencoba breeding. Meski metode yang dipakai sama, ndak semua orang bisa berhasil ternak pleci.”

 

 

Untuk menjodohkan, pejantan dan betina ditaruh di kandang berbeda, lalu ditempel. Proses ini akan memacu birahi burung. Masukkan keduanya ke kandang yang sama untuk mengetahui burung sudah jodoh atau belum. Biasanya burung akan didis-didisan apabila mulai berjodoh.

Basahi sarang untuk membuat suhu dingin / sejuk. Apabila burung mulai kawin, maka betina akan mulai membuat sarang dan mulai bertelur. Pada proses ini, pemberian pakan yang mengandung karbohidrat basah dan protein sangat dianjurkan.

Pemberian protein membantu pembentukan sperma dan sel telur pada burung. Pada tahap ini pemberian voer dan extra food (kroto dan ulat hongkong) harus seimbang. Buah-buahan dan kalsium sebaiknya diberikan untuk menjaga stamina dan memperkuat cangkang telur.

 

AWAL PENJODOHAN

 

Saat Betina mengerami telur berikan voor dan buah-buahan yang mengandung karbohidrat dan lemak untuk menjaga stamina burung, kurangi porsi kroto dan ulat hongkong. Apabila sudah menetas dan induk mulai meloloh piyik, perbanyak kroto dan buah-buahan.

Solikin mengaku setiap hari menghabiskan setengah ons kroto apabila ada anakan yang baru saja menetas. Pemberian kroto dan kalsium dirasa cukup membantu pertumbuhan tulang dan bulu anakan pleci yang mulai tumbuh dan berkembang.       

Selain faktor pemberian makanan yang tepat, kunci keberhasilannya juga dipengaruhi oleh faktor-faktor tempat yang tenang, jauh dari koloni pejantan, suhu yang hangat, penerangan cukup, kebersihan pakan, penggantian air, dan pemberian kalsium.

 

MEMBERIKAN MAKAN KEPADA INDUKAN

 

Saat ini ia masih berburu indukan baru karena tak jarang breeder-breeder pemula mengambil alih indukan yang sudah jadi. Ia mulai selektif menjual indukan karena beberapa breeder yang kurang mengerti burung kurang telaten lalu menjualnya ke orang lain.

Meski sudah mempraktekan, namun ia belum memiliki ring sendiri sehingga tak jarang ia dibully dan dianggap mengambil anakan dari alam. Padahal upaya yang dilakukan solikin semata-mata untuk mengurangi ketergantungan pada alam.

“Kalau tidak dikembangbiakkan mulai dari sekarang, cepat atau lambat stock pleci di alam akan habis,” pungkasnya.

Upaya Solikin untuk melestarikan pleci dengan membreeding pleci sudah sepatutnya dicontoh oleh pleman-pleman lain. Sudah saatnya, pelestarian dan perlindungan burung-burung endemik Indonesia dilakukan.                         

 

ASINAN HALUS, COCOK UNTUK INDUK, ANAKAN, & BURUNG LOMBA

Komentar Untuk Berita Ini (0)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas